GELAR TES PEMANDUAN BAKAT, KEMENPORA CARI BIBIT ATLET POTENSIAL DI KABUPATEN LOMBOK BARAT

Foto untuk : GELAR TES PEMANDUAN BAKAT, KEMENPORA CARI BIBIT ATLET POTENSIAL DI KABUPATEN LOMBOK BARAT
Share

Giri Menang - Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia melalui Asisten Deputi Pembibitan dan IPTEK Olahraga menggelar Tes Pemanduan Bakat Olahraga di Kabupaten Lombok Barat  Tanggal 22-25 Nopember 2017 diikuti 400 siswa di Kabupaten Lombok Barat.

Kabid Pengembangan dan Pemanduan Bakat Kemenpora, Muhammad Aziz Ariyanto, menjelaskan tujuan kegiatan ini  untuk mencari bibit-bibit atlet potensial yang dapat berprestasi di tingkat nasional maupun internasional.

 "Butuh suatu proses yang panjang untuk menciptakan atlet yang potensial melalui pembinaan yang berjenjang, berkelanjutan serta pemanfaatan IPTEK olahraga.” Jelas Aziz.

Dijelaskan bahwa Instruktur  yang dihadirkan untuk pemanduan bakat ini berasal dari tim pemanduan bakat yang melibatkan beberapa Perguruan Tinggi  da di bantu oleh instruktur dari daerah sejumlah 20 orang yang terdiri dari guru pendidikan jasmani maupun pelatih olahraga yang sebelumnya telah mengikuti bimbingan tekhnis.

Tes pemanduan bakat ini  dimulai dari bimbingan teknis kemudian dilanjutkan tes lapangan, Ada 10 komponen dalam tes pemanduan bakat, yakni tinggi badan, tinggi duduk, berat badan, rentang kedua lengan, lempar-tangkap bola tenis, lempar bola basket, loncat tegak, lari kelincahan, lari cepat 40 meter, dan lari multitahap.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lombok Barat H. Ilham mengatakan tes pemanduan bakat ini diselenggarakan dalam rangka pencarian bibit olahraga yang potensial dari Kabupaten Lombok Barat khususnya untuk usia 12-14 tahun.

Ditambahkan H. Ilham, dari tes pemanduan bakat ini dihasilkan atlet yang berpotensi mengambangkan bakat olahraga yang dibina baik melalui klub sekolah atau pelajar maupun klub yang ada di masyatakat.

"Terimakasih kepada Kemenpora yang telah menunjuk Kabupaten Lombok Barat sebagai salah satu Kabupaten yang ditunjuk untuk seleksi pemanduan bakat. Semoga hasilnya dapat memetakan bakat anak-anak kita untuk lebih berprestasi lagi.” Kata H. Ilham. (Basir 24/11)

Sambutan
HASIL SURVEY INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT

LOMBOK BARAT COLOUR RUN